Sabtu, 25 Juni 2016

Resep Sambel Pedes


Beberapa hari lalu mba Dyah, salah seorang teman kantor, bawa bakara ke kantor. Bakara adalah istilah Bugis-Makassar untuk sukun goreng. Sukun gorengnya enak dan gurih, seperti biasa buatan eyangnya Alifah (Ibunya Mba’ Dyah, red) selalu enak dimakan. Nah sukun goreng ini semakin mantap karena dilengkapi dengan sambel yang super pedes, 1 piring bakara ludes seketika oleh teman-teman kantor, dan tentu saja oleh saya yang juga kebagian 2 potong.

Penasaran dengan rasanya yang super pedes, saya tanya mba Dyah cara bikinnya. Ternyata kuncinya di cara membuatnya saja. Bahan-bahan yang dipakai sama dengan membuat sambel terasi biasa:

Lombok segengam, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula merah.

Saya biasanya langsung menggiling bahan-bahan, setelahnya, langsung ditumis dengan minyak goreng 2 sendok. Kalau versi eyangnya Alifah, semua bahan kecuali tomat dan terasi direbus terlebih dahulu, setelah itu semua bahan yang direbus tadi diulek bersama tomat dan terasi, kemudian ditumis.

Yang membuat saya senang dengan cara ini adalah gampang diulek!!!. Karena setelah direbus bawang dan teman-temannya menjadi super lunak, enteng banget nguleknya. Kalau cara bikin sambel kemarin-kemarin bikin pegel tangan karena pertama harus mengiris bawang yang juga membuat pedih mata, kedua harus mengulek agak lama. Kalau sambel versi eyangnya Alifah, cukup mengupas bawang merah dan bawang putihnya, setelah itu langsung direbus bulat-bulat.

Bahan-bahan yang direbus juga lebih bersih dari kuman. Sebersih-bersihnya kita mencuci lombok dan bawang, gak mungkin kan kita melototin pake kaca pembesar apa masih ada ulat atau tidak, tapi kalau direbus dijamin ulat dan sejenisnya mati seketika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe