Sabtu, 25 Juni 2016

Resep Sambal Ayam Goreng

Aku punya warung makan langganan, nama pemilik warungnya bernama Pak Sunarto. Orang Madura, gemuk dan berkumis, tapi kelihatan baik. Jika mampir diwarung Pak Sunarto, aku paling suka ayam goreng pake paha atau sate kambing. Sate kambing mudanya muantap, dibuat khas Madura, pakai bawang merah mentah. Kalau suamiku lebih sering pesan tong seng kambing.  Jadi kalau aku pesan sate kambing, suamiku pesan tong seng, aku sering icip-icip punya dia, tapi satenya aku ogah bagi hehehe.
                                                           
Ayam goreng Pak Sunarto juga enak, cara gorengnya pas, tidak mentah tidak terlalu garing, sambelnya juga enak, tidak dibuat massal, hanya dibuat pada saat ada yang pesan makanan.

Mungkin karena keseringan melihatku, Pak Sunarto berbaik hati mau membagi resep sambal ayam gorengnya,

Ini bahan membuat sambal 1 porsi ayam goreng

Cabe 6 biji
Kacang goreng 10 biji
Tomat besar yang sudah digoreng 1 biji
Bawang goreng 10 biji
Gula merah secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Terasi secukupnya

Malah ditambahkan tips sama beliau, supaya ayam atau ikan  yang akan digoreng tidak bau amis, buatlah adonan bawang putih, ketumbar yang sudah diblender, tambahkan air dan garam, rendamlah ayam atau ikan sebelum digoreng.

Selamat mencoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe