Minggu, 26 Juni 2016

Resep Gore Barelle

Entah apa nama untuk penganan ini di daerah lain, tapi masyarakat suku Bugis menyebutnya “Gore Barelle”, Gore artinya goreng, sedangkan Barelle artinya jagung. Seingat saya, yang mengajari resep ini tidak ada. Tapi jika musim jagung tiba, ibu, nenek maupun tetangga sering membuat Gore Barelle. Karena sering makan, jadi saya bisa menerka bumbunya apa.

Jaman dulu di kampung, saya dan teman-teman sering ngumpul sore-sore di balai-balai. Maklumlah tidak ada hiburan lain di desa. Ngumpul-ngumpul biasanya disertai dengan acara makan-makan. Yang diolah apa yang lagi melimpah saja. Jika musim buah, kami bikin rujak, jika musim jagung kami membuat Barobbo atau Gore Barelle. Bagian tersulit membuat Gore Barelle adalah bagian memipil jagungnya, apalagi kalau banyak. Bukan sulit sih tapi membosankan karena memakan waktu lama. Tapi kalau diborong oleh gadis-gadis yang sedang ngerumpi tidak ada yang tidak bisa, sekejap saja belasan jagung sudah siap diolah jadi Gore Barelle.
Sumber gambar: Pixabay
 
Kisah Gore Barelle menjadi pelengkap kegiatan ngumpul sampai sekarang masih berlanjut, bedanya cuma pesertanya saja, kalau dulu dengan gadis-gadis sekarang sama suami dan anak-anak :D
Itu intro ceritanya ya, untuk cara membuatnya bagaimana? Sangat mudah.
 
Bahan-bahan:
 
Jagung muda 2 -3 buah, pipil
Garam 1 sdt atau sesuai selera
Bawang merah 3 siung atau lebih
Merica halus ½ sdt atau sesuai selera
Gula pasir secukupnya sebagai penyedap
Margarin 1 sdm
Keju (optional)
 
Cara membuat:
 
Ambil wajan yang agak besar. Kenapa harus gede? Percayalah menggunakan wajan kecil ribet, rawan tumpah.
 
Panaskan margarin, kalau tidak punya margarin/mentega, pakai minyak goreng juga tidak apa-apa. Setelah margarinnya cair, masukkan jagung yang sudah dipipil tadi ke dalam wajan, aduk rata. Bagian ini cukup lama, tunggu jagung benar-benar hampir matang baru melangkah ke step selanjutnya. Cara mengetes kematangannya, dicoba makan saja ya hehehe. Kalau bagian tengahnya masih mentah berarti masaknya masih harus dilanjutkan lagi.
 
Sambil menunggu, haluskan garam dan bawang merah. Tidak halus benar juga oke, masukkan ke dalam wajan. Aduk rata. Usahakan memasaknya beberapa menit lagi, sampai bawang merahnya berbau harum. Masukkan merica dan gula, aduk rata, tes rasanya.
 
Hidangkan di piring, beri topping keju parut. Sebenarnya tanpa keju parut pun Gore Barelle ini sudah enak. Tapi karena anak-anak dan emaknya suka keju, makanya ditambahkan saja.
 
Hidangan ini paling mantap disantap hangat-hangat. apalagi dimakan saat di luar lagi hujan, duduk bersila rame-rame, wuihh…hitungan menit tak bersisa.

2 komentar:

  1. kalau jagung rebus pakai susu dan keju udah sering coba, banyak yang jual kan ya, tapi kalau yang ini penasaran sama rasanya, soalnya pake bawang merah

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe