Sabtu, 25 Juni 2016

Bakso Kuah Sumsum Sapi Ala Mom Nay

Sabtu kemarin, kebetulan bertepatan dengan week ganjil (week ganjil kantor saya libur), saya sempatkan kepenggilingan daging di Pasar Lakessi. Sayang sekali tidak bawa HP, seru sekali melihat proses penggilingan disana, malah sempat ngobrol dengan salah satu penjual daging sapi. Kata Bapak yang menjual, sapi yang dia potong per hari rata-rata 3-4 ekor dan semuanya habis terjual. Ini baru 1 penjual, sementara dideretan los itu banyak penjual daging sapi, rata-rata daging dagangan mereka terlihat sisa sedikit dan beberapa habis (saya perginya agak telat jam 9. 00 pagi).
 
Ini resep ala diriku ..saya masih tahap in training lho ya, jadi maafkan jika masih belum sempurna.
 
Bahan-bahan:
1 kg daging
½ kg kanji (sebaiknya kurangi menjadi 100 gram)
1 genggam bawang putih
1 genggam bawang merah (digoreng)
Merica bubuk
1 sachet Masako rasa sapi
1 sachet tepung bakso mama suka
2 telur ayam
1 batang daung bawang yang sudah diiris-iris
 
Sebenarnya saya mau pakai tepung kanji 100 gram saja, tapi menggiling daging itu selalu antri, sementara semua bahan diatas harus sudah disimpan dibaskom diatas tumpukan daging untuk langsung dicampur oleh tukang gilingnya (next time akan saya foto dan tulis dipostingan lain). Sulit untuk berdiri disitu dan memberitahukan tukang gilingnya “Pak, 100 gram saja ya! “. Selain bising oleh suara mesin, segan rasanya desak-desakan disitu.
 
Cara membuat bakso :
Bahan yang sudah digiling tadi mulai dibulatkan, caranya genggam daging halus tadi, bulatkan 2-3 kali seperti gambar dibawah. Daging halus dari genggaman akan muncul membulat disela ibu jari dan jari telunjuk. Jika bulatan sudah terlihat sempurna simpan di panci yang berisi air yang hampir mendidih dengan bantuan sendok. Rebus bakso sampai bulatan bakso naik kepermukaan air.
Langkah-membuat-bakso
Langkah-langkah membuat bakso
bulatan-bakso
 
Cara membuat kaldu:
 
Kuah kali ini saya buat dengan membuat kaldu dari tulang kaki sapi. Didalam tulang sapi terdapat sumsum yang full lemak dan lezat. Menurut resep ditambahkan dengan tulang-tulang ayam dan sayap ayam, tapi karena terlalu siang untuk membeli bahannya saya pakai tulang sapi saja.
 
Tulang sapi harus sudah dipotong. Harus dipotong dulu, sebaiknya suruh penjualnya potong karena bisa rusak pisau dirumah kalau potong sendiri. Habis itu cuci bersih. Rebus dalam panci yang berisi air, usahakan airnya menenggelamkan semua tulangnya. Rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, buang air rebusannya. Rebus kembali tulang dengan air yang baru. Tambahkan bawang putih 5 siung yang sudah dikeprek dan daung bawang yang sudah diiris-iris. Didihkan lama dengan api kecil. Kata orang semakin lama dididihkan kaldu semakin enak. Tapi kemarin karena sudah keburu lapar, rebusnya tidak terlalu lama.
A photo posted by Nur Islah (@pulau_ila) on

 
Kuah bakso bisa dibuat sesuai selera saja, tapi pakai air kaldu yang tadi dibikin, rasanya pasti lebih istimewa. Siapkan mangkuk, masukkan baksonya ,tambahkan pelengkap seperti mie, kacang, daun bawang, daun sup, kacang goreng, dan jeruk nipis. Jangan lupa siapkan kecap dan sambel biji, makan rame-rame diteras rumah. Ludes!!
 
A photo posted by Nur Islah (@pulau_ila) on

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe