Jumat, 17 Desember 2021

Spicy Chicken Wings, Cocok Jadi Teman Nasi

 

Di kulkas saya punya 6 potong sayap ayam, sisa dari acara masak menu ultah sendiri. Ulang tahun yang ke 41 kemarin tidak dirayakan dengan pesta, hanya mengirim 15 porsi Nasi Ayam Goreng Padang ke teman-teman kantor. 

6 sayap utuh ini kemudian saya potong 2 bagian dan saya buat Spicy Chicken Wings. Walaupun judulnya Spicy, tapi rawit dan Bon Cabenya saya skip supaya Fawwaz dan Afif juga bisa menikmatinya. 

Rasanya lumayan enak, dan sangat cocok dimakan bersama nasi. Saya sampai dua kali makan siang gara-gara menu ini. 

Di bawah ini saya tulis sesuai resep aslinya ya, supaya next time bisa membuat lagi yang benar-benar pedesnya nendang.

Bahan:

1. 10  sayap ayam

2. 1 buah bawang bombay

3. 1 sdm Bon cabe 

4. 3 sdm kecap manis

5. 1 sdm saos tiram

6.  1 sdt saos lada hitam/lada hitam bubuk

7.  2 sdm saos sambel

8.  1 buah jeruk nipis

9. 2 cm jahe geprek

10. 1/2 sdt garam

11.2 sdm saus tomat 

13. 1 sdt kaldu  ayam bubuk (optional)

+

Bumbu halus:

1. 4 cabe merah kriting

2. cabe rawit  merah sesuai selera

3. 7 siung bawang putih 

Caranya

1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan minimal 15 menit lalu bilas kembali dan tiriskan.

2. Baluri ayam dengan sedikit garam, goreng dalam minyak panas sampai 1/2 matang, tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus dan jahe geprek sampai harum lalu masukkan ayam goreng. Lalu tambahkan 1 gelas kecil air matang. Kemudian bumbui dengan saos/merica hitam, kaldu ayam,  kecap, saos sambel, saus tomat dan saus tiram. Setelah kuah mulai susut, masukkan  irisan bawang bombay, masak kembali sampai bawang bombay layu, cicipi rasa, taburi  bon cabe.

Tips:

1. Sangat penting melumuri ayamnya dengan jeruk, ini jangan diskip karena sayap ayam itu sangat amis. 

2. Kalau ayamnya sudah habis tapi bumbunya masih ada sisa, bisa digorengkan telur mata sapi dan sisa bumbunya dijadikan topping pada telurnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe