Minggu, 12 Desember 2021

Soto Surabaya, Cocok untuk Menu Arisan

 


Kalau ingin menjamu beberapa orang di pertemuan arisan atau pengajian,  tapi budgetnya sedikit, soto pilihan yang tepat. 

Saya memasak soto karena masih punya kira-kira 1 kg potongan ayam yang bertulang (bukan dada atau paha), paha dan dadanya sudah dibuat ayam goreng padang untuk syukuran ultah kemarin.

Saya bikin soto ini menjelang siang, dimakan dua kali oleh 3 orang dewasa, 2 anak dan 1 bayi. Selesai makan malam, sisanya tinggal sedikit. Alhamdulillah.

Pak I dan Mia nampaknya suka sekali, mereka berdua sampai nambah. Anak-anak tidak begitu doyan, maklum ada kolnya, kata mereka, sayur itu susah dikuyah dan ditelan.  Saya pun menyukai rasanya, walaupun bukan favoritku. 

Baiklah, saya akan bagi resepnya. 

Bahan:

1 kg  ayam beserta tulang  dipotong-potong2

dan beri  1/2 sdt garam, minyak  wijen. sisihkan

(saya pakai beserta cekernya) 

Bumbu rebusan ayam:

1. 2 batang serai digeprek 

2. 4 lembar daun salam

3. 6 lembar daun jeruk

4  3 cm lengkuas digeprek

6. 2 cm jahe digeprek  

Bumbu pelengkap:

1. 2 sdt Garam

2. 1 sdt kaldu bubuk  ayam (saya skip)

3. 1 sdm gula putih 

4. margarin/minyak goreng untuk  menumis secukupnya

Bumbu yg dihaluskan :

1. 12 Siung/100 gram bawang merah

2. 8 siung/60 gram bawang putih

3. 6 buah kemiri sangrai 

4. 2 cm Jahe

5. 2 cm Lengkuas

6. 2 cm Kunyit 

7. 1 sdt ketumbar biji disangrai dulu 

8. 1 sdt merica biji disangrai dulu 

Bahan Pelengkap :

1. Soun 

2. Telur rebus

3. Kol

4. Tomat

5. Jeruk nipis 

6. Daun bawang

7. Bawang goreng

8. Bubuk Koya

Cara memasak :

1. Rebus ayam bersama bumbu rebusan  dengan air 2 liter sampai air mendidih dan berbuih, kotoran buihnya dibuang,

 2. Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis sampai harum ke dalam rebusan  ayam yang telah mendidih dan beri bumbu garam, kaldu ayam bubuk dan gula 

2. Setelah bumbu meresap dan rasa sudah pas, Angkat ayamnya dan dinginkan dan goreng ayamnya hingga kecoklatan (saya hanya goreng sebentar) 

3. Ayam yg sdh digoreng disuir-suir, sisa tulang ayamnya bisa dicampur ke soto. 

4. Sajikan dengan soun, potongan tomat, kol, telur rebus ,daun bawang dan bubuk koya. 

Resep bubuk koya

1. Kerupuk udang 200 gram (goreng) 

2. 150 gr bawang  putih iris dan goreng sampai agak kering  

3. ebi 1 sdt 

4. minyak wijen 1 sdm 

Cara buat: 

Blender kering semua bahan jangan terlalu halus

Tapi resep koya ini saya lewati, malah nyari di youtube dan koya saya menjadi lembek😅

Next time mau coba koya versi di atas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe