Sabtu, 27 November 2021

Tongseng Ayam, Lezaaaaaatttt

Jika butuh menu praktis tapi rasa istimewa, saya sarankan masaklah tongseng ayam ini. Rasanya sungguh enak, Pap Nay kasih angka 10/10, kakak Naylah kasih nilai 9, saya kasih nilai sempurna 10. Kita tunggu Ayyan pulang, penasaran dengan penilaian dia yang sangat picky kalau soal makanan. 

Saya masak pakai belanga dari tanah liat, membuat bumbu meresep ke dalam daging ayam dengan sempurna. Oh ya, saya juga menambahkan 1 sdm baceman bawang merah di menu ini, rasanya makin endolita. Baca resep Baceman Bawang Merah di sini. 



Kebetulan hari ini teman Pap Nay juga ada di rumah, pak Mamat membantu Pap Nay membuat lantai mini. Saya senang menyaksikan mereka makan dengan lahap. 

Oke, tanpa panjang lebar lagi, catat baik-baik resep ini ya, khususnya anak-anakku yang sudah mau menikah atau pengantin baru, insya Allah suami akan suka masakan kalian.

BAHAN :
- 500 gram ayam, bersihkan potong agak kecil, beri air jeruk nipis/air asam dan sedikit garam, diamkan sebentar, cuci bersih kembali, tiriskan.
- Beberapa lembar kol iris kasar atau lebar
- 2 buah tomat potong kasar
- 1 batang daun bawang iris 
- Cabe rawit utuh sesuai selera
- 2-3 sdm santan kental instan/asli
- Air secukupnya
- 2-3 sdm kecap manis/sesuai selera
- Garam, kaldu jamur, merica bubuk

BUMBU IRIS :
- 4 butir bawang merah 
- Cabe rawit merah sesuai selera .

BUMBU HALUS :
- 1 sdt ketumbar sangrai
- 3 butir kemiri sangrai
- 1 cm jahe dan kunyit
- 4 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 1/4 sdt pala bubuk dan jinten bubuk .

BUMBU REMPAH :
- 2 lembar daun salam
- 1 batang sereh memarkan
- 4 lembar daun jeruk sobek-sobek
- 2 cm laos memarkan
- 2 cm kayu manis
- 1 buah bunga lawang/pekak
- 2 buah cengkeh 

CARA MEMBUAT :

1. Tumis bumbu iris sampai wangi, tambahkan bumbu halus dan bumbu rempah masak sampai benar-benar matang dan mengeluarkan minyak

2. Masukkan potongan ayam, masak sampai berubah warna, beri kecap manis aduk rata, lalu tambahkan air sampai ayam terendam, didihkan

3. Beri garam, kaldu jamur dan merica bubuk, msk sampai ayam empuk dan bumbu meresap (cek rasa sesuaikan selera) 

4. Masukkan irisan kol, tomat, cabe rawit utuh, daun bawang dan santan, masak lagi sebentar, angkat sajikan dengan taburan bawang goreng. 

Bawang merah irisnya saya ganti dengan baceman bawang merah 1 sdm, laos saya skip karena stok tidak ada, daun bawang juga terskip karena lupa😁.  But, rasa tetap sangat istimewa.

Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe