Kamis, 25 November 2021

Sup Kacang hijau - Bihun, Solusi Ketika Kehabisan Stock Sayur


Pertama kali saya makan kacang hijau dibikin sop seperti ini saat kuliah dulu. Chana, teman kos saya yang mengajarkan. Chana berasal dari Enrekang, dimana sayur mayur melimpah di sana. Kalau tidak salah ingat, kacang hijau yang kami masak adalah kiriman dari kampungnya.

Saya jarang membuat menu ini, saya lebih senang mencampur kacang hijau dengan bayam atau kangkung. Cukup diberi irisan bawang merah dan bawang putih, sudah enak. Apalagi kalau ada labu kuningnya, makin sedap rasanya.

Hari ini, kulkasku sudah sekarat. Segala macam sayur mayur habis. Sisa kacang hijau di toples plastik ungu nangkring di bagian bawah. Saya menyimpan kacang hijau di kulkas, karena semut di rumahku lumayan ganas. Di lemari dapur masih ada bihun, saya ambil sekeping. Jadilah sup ini. 

Resepnya gampang, saya share ya. 

Bahan:
Segengam kacang hijau, rendam dulu semalaman lebih hemat gas
1 keping bihun
3 sdm minyak bawang (optional) 
Minyak goreng untuk menumis secukupnya 
Garam secukupnya

Bumbu halus:
4 siung Bawang merah
2  siung Bawang putih
2 kemiri sangrai (tidak disangrai juga gpp) 

Cara membuat:
1. Ulek halus semua bahan, lalu tumis dengan api sedang dengan menggunakan minyak goreng dan minyak bawang. 
2. Rebus kacang hijau sampai empuk di panci. Bisa memakai metode 5-30-5
3. Jika kacang hijaunya sudah empuk, masukkan tumisan bumbu halus dan bihunnya. Koreksi rasa. 
4. Masak sampai mendidih. Sajikan

Rupanya, sekeping bihun yang saya pakai kebanyakan, karena makin lama bihun mengembang dan airnya jadi sangat surut. Saran saya pakai 1/4 atau 1/2 saja sudah cukup. 

Pap Nay suka sekali sup kacang hijau bihun ini, dia habiskan satu mangkok besar sendirian, dia makan tanpa nasi lagi. Alhamdulillah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe