Selasa, 04 Januari 2022

Terong Masak Kecap, Gak Usah Ngulek


 

Terong ungu termasuk sayur favorit saya. Jika dibakar atau dikukus, teksturnya akan lembut. Dibumbui dengan bahan sederhana Tetap enak, apalagi jika diberi dengan banyak rempah, makin nikmat rasanya. 

Menambahkan terong ungu dalam makanan akan mendukung program diet, karena cukup mengenyangkan.

Saya menemukan resep baru memasak terong. Rupanya terong  itu ya kalau ketemu kecap, cocok sekali rasanya di lidah. Kecap manis dan terong ungu sangat berjodoh. Duh happy nya, olahan terong saya tidak lagi menoton.

Resep ini terinspirasi dari resep Koh Eddy, yang memasak dengan tag line "Chef terabal-abal sedunia". Saya modifikasi sedikit supaya tidak terlalu ribet masaknya.

Bahan:
2 buah terong ungu dipotong 5 cm
Air 150 ml atau secukupnya
Garam
Gula pasir
Kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur) 
Merica bubuk
3-5 siung bawang putih, cincang
3-5 bawang merah, iris-iris
3-5 cm jahe, cincang
3-5 cabe keriting, iris-iris
1 batang daun bawang, iris-iris
3 sdm Kecap manis
1 sdt baceman bawang merah (optional) 
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bahan dengan minyak secukupnya. Urutannya : bawang merah-bawang putih- jahe-cabe. Jika sudah harum tambahkan baceman bawang merah. Jika tidak ada, tidak apa-apa diskip. 
2. Jika sudah harum, masukkan terong. Tambahkan air secukupnya, yang kira-kira pas airnya surut, terongnya juga sudah lembut. 
3. Masukkan garam, gula pasir, kecap manis, merica, kaldu bubuk. Koreksi rasa sesuai selera
4. Masak sampai airnya surut dan terongnya lembut. 
5. Hidangan siap disajikan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe