Sabtu, 25 Juni 2016

Jalangkote Ala Mom Nay

Sekitar 2 tahun yang lalu, ada asisten RT yang bekerja pada kami, namanya Diana. Dia periang dan suka masak-masak. Sayangnya karena sesuatu dan lain hal, dia tidak bekerja lagi dirumah kami. Dari Diana lah saya tahu cara membuat jalangkote. Saya senang sekali, karena Jalangkote ini termasuk cemilan favorit yang biasanya dibeli dipagi hari. Bahan-bahannya murah, gampang didapat, dan biasanya selalu tersedia dikulkas.

Bahan Kulit:
Tepung terigu ¼ kg
Mentega 2 sendok makan (cairkan dengan cara dipanaskan)
Garam sedikit (optional)

Bahan isian:
Sebenarnya ini sesuka hati, apa yang ada aja:
Wortel (potong kecil-kecil)
Kentang (potong kecil-kecil)
Mie/ bihun
Telur rebus/ daging cincang

Bumbu halus:
Merica
Bawang merah
Bawang putih
Garam
Gula (sebagai penyedap)
Cara membuat:

Rebus wortel dan kentang sampai matang, bisa tambahkan sedikit garam didalam air rebusannya. Di wadah lain, rendam mie/bihun dengan air panas.

Tumis bumbu halus dengan 1 sendok makan minyak goreng, setelah harum masukkan kentang, wortel dan mie/bihun. Aduk-aduk sampai merata.

Bahan isian dah siap, sekarang siapkan kita membuat kulitnya. Campur semua bahan kulit menjadi satu dalam wadah agak besar, tambahkan sedikit air. Campur memakai tangan, diremas-remas sampai tidak melengket. Tidak perlu sampai kalis. Siapkan tepung terigu untuk taburan ketika menggiling adonan.

Dulu waktu diajar sama Diana, menteganya langsung dicampur tanpa harus mencairkannya terlebih dahulu. Tapi setelah beberapa kali membuat, ternyata dengan mencairkan menteganya, rasa kulitnya lebih gurih. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe