Sabtu, 25 Juni 2016

Kepiting Tumis Kemangi

Jemputan istirahat siang telah datang, hmmm lunch apa ya, kemarin malam tidak sempat ke senggol beli ikan, akhirnya terus ke pasar Sumpang, semacam pasar kecil yang buka dari pagi sampai sore. Setelah tengok 2 lapak ikan yang ada disitu, akhirnya pilihan jatuh ke kepiting kecil yang lagi diobral sama penjualnya, harga hanya Rp. 15.000,- , kalau dikilokan mungkin sekitar 2 kg. Sampai rumah langsung dieksekusi memakai bahan-bahan yang ada dikulkas, tambah kemangi yang tadi dibeli Rp .500.
 
 Ini dia “Kepiting tumis kemangi”
 
Bahan-bahan:
 
Kepiting 1 kg
Kemangi 1 ikat kecil
Bawang merah 2 suing,iris tipis
Bawang putih 3 siung,iris tipis
Serai 1 batang, potong 3
Tomat 3 buah,iris tipis
Cabe merah 2 buah,iris tipis
Merica ½ sdt
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng/margarin untuk menumis secukupnya
 
Cara membuat:
 
Masak kepiting di wajan besar berisi air. Tumis bawang merah, bawang putih, tomat, cabe dengan minyak goreng di wajan terpisah. Tambahkan tumisan tadi ke dalam wajan yang berisi kepiting, tambahkan garam, merica dan penyedap rasa. Jika hampir matang tambahkan daun kemangi.
 
Yang aku suka dari masakan ini, rasanya kemanginya nendang lidah buanget. Setiap masak kepiting pasti dimasak pakai kemangi, terinspirasi memasak setelah makan kepiting pakai kemangi dipinggir pantai Losari, depan Benteng Rotterdam jaman kuliah dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^