Jumat, 03 September 2021

Telur Balado, Pelengkap Nasi Uduk atau Nasi Kuning

 



Saya teringat masa kecil dulu. Kalau mama kehabisan stok ikan atau lauk hewan lainnya, maka telur yang akan jadi penolong. Ada-ada saja kreasi mama, entah itu dimasak santan, di dadar, atau dibikin balado. Saya suka jika dibuat balado, rasa pedasnya bikin saya tambah lahap.

Resep yang saya share ini bukan resep mama saya ya, tapi resep yang saya dapatkan dari grup masak.

Bahan:
8 butir telur ayam 
200 ml air 

Bumbu halus:
8 siung bawang merah/50 gr
3 siung bawang putih /20 gr
1 buah tomat
5 buah cabe rawit merah (opsional)
13 buah cabe merah keriting
3 butir kemiri 

Bumbu lain:
1/2 sdt garam 
1 sdt Kaldu ayam bubuk
1/2 sdt mecin 
1 sdt gula putih 
1 sdm saus tiram 
2 sdm kecap manis 

Cara membuat:
  1. Rebus telur sampai matang, kupas lalu goreng sebentar
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tuang air sekitar 1/2 gelas biasa,
  3. Masukan semua bumbu lain 
  4. kemudian masukan telur - aduk rata kembali, masak sampai air menyusut
Telur Balado ini sangat cocok dimakan bersama nasi uduk atau nasi kuning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe