Jumat, 03 September 2021

Sambel Solo

 



Makan tanpa sambel, rasanya ada yang kurang. Akan tetapi hidangan apapun kalau ada sambelnya, jadi terasa nikmat. 

Kebetulan beberapa waktu yang lalu, seorang teman memberikan terasi. Setiap kali buka lemari dapur, aromanya akan menyeruak, benar-benar menohok hidung. Persoalan menyimpan terasi ini benar-benar simalakama. Tak boleh disimpan bersama makanan lain, agar aromanya tidak menular. Jadi saya menaruhnya di lemari dapur yang saya khususkan menyimpan aneka plastik. Si terasi terasing di situ :D

Oke tanpa berpanjang lebar, saya akan share sambel yang saya buat hari ini. Namanya Sambel Solo, tapi pakai terasi dari Pinrang.

Bahan:
Cabe rawit sesuai keinginan
Cabe merah keriting 5 buah
Bawang putih 1 siung
Bawang merah 2 siung 
Terasi 1 sdt 
Gula merah 1 sdt
Kemiri 2 butir
Kecap manis 1 sdm 
Saus tiram 1 sdt
Tomat 1 buah ukuran sedang
Gula putih 1/2 sdt
Mecin 1/2 sdt
Merica 1/4 sdt 

Cara membuat:
Cabe rawit, cabe keriting, bawang putih, bawang merah dan tomat direbus dulu sampai cabe empuk. Setelah di rebus, ulek bersama kemiri
Setelah halus, tumis dan masukan bumbu lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe