Senin, 16 Desember 2019

Resep Bubur Manado

Hmmmm...rasanya sudah lama sekali saya tidak memasak bubur Manado atau Tinutuan. Karena lebih sering membuat Barobbo yang bahannya mirip bubur Manado.

Tapi kalau beli sudah beberapakali. Saya paling suka makan bubur Manado di cafe "Dapoer Sulawesi" yang lokasinya di depan hotel Swiss-Belhotel Makassar. Kekentalan buburnya pas, dilengkapi ikan kering yang ditumbuk halus. Tidak kelihatan sama sekali labu dan ubinya, tapi terasa ada dalam bubur. Harga agak premium sih, tapi worth it lah...enak sih hehehe.

Kemarin sore, saya ditemani Pap Nay belanja bahan bubur Manado di pasar Senggol. Tujuan utamanya adalah jagung, ubi jalar, dan ikan kering, karena itu yang tidak ada sama sekali di kulkas. Tapi karena sudah terlanjur di pasar, ya sudah sekalian deh beli bahan-bahan yang lain, mana tahu kurang persediaan di rumah.

Rencana awal mau siapkan bahan di malam hari, misalnya metik sayur, potong ubi dan labu. Tapi itu tinggal rencana, kenapa ya jarum jam cepat sekali  amenyentuh angka 9 :D

Keesokan harinya, pagi-pagi setelah menggoreng tempe untuk Kakak Naylah dan Adek Rayyan, saya dan Mami kerjasama membuat buburnya. Mami urusan sayur mayur, saya mengurus sisanya.  Mami sengaja tidak mau ikutan sarapan tempe, supaya puas makan bubur katanya.

Namanya bubur ya, pasti masaknya lama. Mami sampai bolak-balik bertanya sudah matang atau belum, perutnya sudah keroncongan :D

Penantian Mami terbayar lunas, beliau sampai tambah berkali-kali. Inilah yang disebut kesabaran berbuah bahagia.


Resep Bubur Manado atau Tinutuan:

Porsi : 5 orang

Bahan:
1 mug beras
10 mug air minum
1/2 ikat bayam
1/2 ikat kangkung
10 batang kemangi
1 buah jagung manis 
2 buah ubi jalar (potong kecil-kecil)
1/4 buah labu kuning (potong kecil-kecil)
2-3 batang sereh (geprek)
1 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
garam secukupnya

Bumbu halus:
5 bawang merah
5 bawang putih

pelengkap:
ikan kering berdaging tebal (tumbuk) 
bawang goreng untuk topping
sambel tomat mentah

Cara membuat:

Campurkan beras, air, jagung, labu, ubi jalar, sereh ke dalam panci yang cukup besar. Sering diaduk merata supaya tidak lengket di dasar panci.

Jika labu dan ubi jalar sudah agak lembut, hancurkan dengan bantuan garpu. Ini agak ribet ya, karena hancurkannya satu-satu.

Jika bubur sudah matang dan mengental, masukkan bumbu halus yang sudah ditumis, masukkan merica, garam, kaldu bubuk. Icip untuk mengoreksi rasa.

Jika adonan terasa sudah mantap di lidah, masukkan sayur mayurnya: bayam, kangkung, dan kemangi. Aduk merata, jangan terlalu lama dimasak, untuk menghindari sayur tersebut over cook.

Tuang di piring, beri taburan bawang goreng, santap dengan ikan asin...wuiihh mantap.

Oh ya, saya pakai ikan sunu yang keringnya medium. Sehingga setelah digoreng dan ditumbuk, hasilnya lembut.

Selamat mencoba ya mom ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe