Kamis, 05 Agustus 2021

Malbi Daging Sapi Luarrr Biasa Enak

Malbi daging sapi
Malbi Daging Sapi

Hampir setiap tahun, jatah daging sapi dari berqurban saya jadikan bakso saja. Cukup bawa ke tukang giling daging di pasar. Sampai di rumah saya buat pentolan. Hasilnya banyak, lalu saya masukkan di freezer. Tahun ini beda, daging-daging saya pisah-pisah beberapa bagian, lalu saya saya tempatkan di wadah terpisah. Setiap mau mengolahnya, barulah saya keluarkan dari freezer.

 Saya bangga sekali mampu memasak malbi daging sapi ini. Menurutku rasanya luar biasa. Bukan saya saja yang mengatakan begini, anak-anak termasuk baby Afif juga suka, karena gak ada rasa pedesnya sama sekali. Pap Nay sampai bilang begini “serasa bukan makan di Parepare, Ma..tapi di restoran di luar daerah” hahaha segitunya. Hidungku jadi kembang-kempis karena senang.

Oke, saya share resepnya yah…makasih buat guruku yang jauh di sana, yang telah membagi resep ini. …Semoga jadi amal jariah buat beliau..aaamiin.

 Bahan-bahan

500 gram Daging Sapi.

(Di rebus dulu dengan jahe, lengkuas, serai, daun salam dan garam selama 30 menit, lalu potong-potong)

Bahan bumbu pelengkap

1.10 sdm kecap manis

2. 500 ml santan yang cairnya sedang

3. 3 batang kayu manis

4. 3 lbr daun salam

5. 1 serai ( geprek)

6.1 sdm garam

7. 2 sdm air asam jawa

Bumbu Halus

1. 20 siung bawang merah

2. 10 siung bawang putih

3. 2 cm jahe

4. 4 kemiri  sanggrai

5. 1 sdt merica butiran,sangrai dulu

6. 1 sdt ketumbar butiran sangrai dulu

7. 1/2 buah pala

8. Jinten 1/2 sdt sangrai dulu (saya tidak sangria)

Cara buat

1. Tumis  bumbu halus, serai, daun salam, dan kayu manis. Tumis hingga bumbu harum dan layu.

2. Masukkan daging sapi. Aduk aduk, tambahkan sedikit air. Masak hingga daging empuk.

3. Setelah daging empuk, tambahkan kecap manis dan garam. Masak kembali hingga kuah agak berkurang.

4.Lalu masukkan air asam jawa. Aduk. Kemudian tambahkan santan. Aduk aduk lagi.. masak sampai kuahnya surut hampir kering

 jika ingin malbi yang berkuah. Cukup dimasak jangan sampai mengering, atau tambah air

Kemarin saya memasak menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat, benar-benar makin membuat bumbunya menyerap sempurna ke dalam daging, rasanya mantap. Oh ya, sepertinya hati sapi juga bakalan enak dibuat malbi, next time coba ah!

Taste :10/10


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe