Kamis, 05 Agustus 2021

Bubur Singkong, Cocok untuk Makanan Selingan Bayi

 

Singkong dibuat bubur? Wah saya baru tahu!

Saya tidak pernah menemukan makanan ini di daerah asal saya, Soppeng-Sulsel. Rupanya kuliner ini berasal dari Kalimantan Timur, dikenal dengan nama Bubur Ganepo.

Awalnya saya lagi mencari-cari menu MPASI untuk Adek Afif dengan kata kunci singkong. Melihat cara buatnya yang super gampang, langsung deh eksekusi.

Rasanya bagaimana?

Teksturnya legit. Rasanya gurih, lumer di mulut..enak deh pokoknya. Dijamin anak-anak termasuk bayi bakalan suka.

Saya mencontek resep ini dari akun Youtube Mama Atha Naufal

Bahan:

1.       250 gram gula merah

2.       4 sdm gula pasir (saya kurangi jadi 2 Sdm)

3.       300 ml air putih

4.       1 lembar daun pandan

5.       700 gram singkong yang telah diparut (berat singkong sebelum dikupas 1 1/2 kg)

6.       800 ml santan encer

7.       1/2 sdt garam

bahan kuah santan:

1.       700 ml santan kental

2.       1-2 lembar daun pandan

3.       1/4 sdt garam

Cara membuat:

Satukan di dalam panci bahan berupa air, gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Rebus hingga mendidih dan gulanya larut.  Di panci lain, masak santan encer dan garam, aduk. Tuang rebusan gula ke dalam panci yang berisi santan tadi dengan menggunakan saringan agar ampas-ampas gula tidak ikut serta.  Masukkan juga singkong yang sudah diparut ke dalam panci. Gunakan api sedang. Masak sampai mendidih, mengental dan meletup-letup sambal terus diaduk-aduk agar tidak gosong di bagian bawahnya. Matikan api kompor.

Pada video Mama Atha Naufal dijelaskan membuat kuahnya dengan cara mencampur semua bahan kuah, masak sampai mendidih sambal terus diaduk agar santan tidak pecah. Sajikan dengan cara menyiram bubur dengan kuah.

Tapi saya pakai kuah susu UHT full cream, praktis, ringkas dan tetap enak.

Taste : 9,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca. Semua komentar Spam dan yang menyertakan link hidup tidak saya munculkan ya. ^_^

Follow my IG

Subscribe